WEB SAYA HILANG DARI HALAMAN PERTAMA GOOGLE | SEO SERP GOOGLE

Sabtu, 11 Januari 201424komentar

Website hilang dari pencarian google?

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhvCnhZS2fzNVmZZAIbboC-bXdAUgfiduBqtgosVfZDD2a6HxzgcgOf3a67qNzD2eUmbXTs2DkdrpV83bwr9IpA7SC9BW0uCS8utXbo_AX0UT_0zrX1O5jSA4UJ8IRbVT57OiftIKy2oddB/s1600/Google+logo+transparent.pngIni adalah pengalaman kami yang pertama; ketika secara mendadak salah satu situs yang kami kelola tiba tiba tidak dapat di baca dalam pencarian di google. Situs kami tersebut adalah www.melileasupport.com  karena hal ini adalah pengalaman pertama kami maka tentu saja ini menjadi pertanyaan besar kami mengapa situs itu tiba tiba tidak terbaca / terindex oleh google tetapi oleh yahoo bisa terindex. Sempat berfikiran macam macam - apa kena virus atau apa terkena spam dan lain lain padahal selama ini ( pada tahun 2011 ini kami sudah 2 tahun mengelolanya ) tidak ada masalah apa apa. Sampai tulisan ini kami posting masalah tersebut masih kami alami. Tentu saja dengan kejadian ini kami tidak tinggal diam kami mengecek kembali server dan data data situs termasuk kode search engine maupun google analystic situs kami tersebut; ternyata semua baik baik saja dan tidak ada yang keliru.
Memang situs www.melileasupport.com yang kami kelola peringkat di Alexa Traffic Rank mengalami penurunan drastis dari 12.774.987 menjadi 22,988,907 yang berarti telah turun sebanyak 10,213,920. Yang hilang adalah seluruh file situs kami, ketika kami search di google dengan site:www.melileasupport.com tidak ada satupun yang terindex oleh google.
Disisi lain ada kegembiraan bagi kami karena situs ini mengalami kenaikan PageRank nya dari PR 1 menjadi PR 2.
Fakta tersebut semakin membuat kami bingung dan was was cemas. Setelah kami mencoba mencari tahu dengan browsing ternyata ada beberapa sahabat yang juga mengalami hal yang sama. Dari hasil browsing tersebut dibawah ini kami sampaikan kembali. Ulasan kami ini adalah rangkuman dari beberapa situs yang juga pernah mengalami hal yang sama. Harapan kami sahabat sahabat yang juga mengalami masalah yang sama seperti yang kami alami dapat mengambil hikmatnya. Selamat mencoba.
1. Google Dance
Beberapa mengatakan bahwa hilangnya situs dari index google karena google dance. Google dance merupakan suatu kondisi dimana halaman-halaman yang ada di blog / web kita mengalami penurunan pada hasil pencarian. kondisi ini dilakukan oleh google karena ingin melakukan index ulang pada blog/web kita. Jadi sebenernya ketika blog kita kena google dance ini kita bisa gembira dan cemas. Apakah google selajutnya akan bener-bener mengkick blog kita dari index mereka atau akan menaikan rankingnya.

2. Google SandBox
Hilang Dari Index Google / Google SandBox
Dari beberapa sumber menyebutkan google sandbox disebabkan antara lain karena melakukan manipulasi SEO untuk mendapatkan top rank dengan cara-cara, antara lain :
  • Dengan melakukan banyak back link.
  • Submit / ping artikel berulang-ulang
  • Melakukan spam indexing
Ya, intinya kita dianggap memaksa google agar google menjadikan website kita sebagai top rank.
Karena dari kejadian yang menimpa post saya, saya melihat bukan hanya post saya saja yang hilang dari index google. Karena saya tahu persis artikel sejenis ( karena sedang hot banyak yang mengulas ) dari website lainpun ikut hilang. Padahal website tersebut website besar dan dari suatu majalah ternama. Jadi kalau kalau melakukan tiga hal tersebut di atas adalah tidak mungkin.
Tetapi bagaimanapun google sandbox memang ada, tetapi sejauh ini saya belum megetahui secara pasti yang menyebabkan website kita kena google sandbox. Apakah dari kesalahan kita atau kesalahan robot google dalam melakukan index.
Bagaimana untuk keluar dari google sandbox?
Ada yang bilang menunggu sampai google menongolkan lagi, tapi kapan google akan memunculkan lagi website yang kena sandbox? Tak ada jawaban pasti.
Daripada menunggu yang tidak pasti lebih baik memuat ulang artikel tersebut dengan link yang berbeda. Dan itupun yang saya lakukan terhadap post saya yang kena google sandbox.
3. Google melakukan manajemen SERP
Asumsi dan prediksi
Tidak ada yang mengetahui secara pasti bagaimana Google melakukan manajemen SERP mereka. Hal ini menyebabkan timbulnya asumsi-asumsi baik negatif dan positif. Baik asumsi negatif maupun positif sama-sama belum ada kejelasan karena Google selalu memilih diam untuk setiap kebijakannya.
Beberapa kemungkinan yang menyebabkan website hilang dari hasil pencarian Google.
  • Google melakukan perbaikan pada sistem mereka,bersamaan dengan ini beberapa website akan mendapat pengaruh buruk seperti terjadinya hal ini
  • Google melakukan re-indexing total terhadap website tersebut
  • Google mungkin saja melakukan investigasi terhadap website terhadap kecurigaan adanya aliran hitam strategi SEO yang digunakan webmaster. Selama proses ini Google mencegah visit ke website tersebut dengan menutup akses ke website yang bersangkutan melalui SERP.
  • Sedang terjadi update Page Rank
  • Google secara berkala melakukan penyegaran terhadap database mereka untuk menyesuakian page rank untuk website pada index mereka.
  • Webserver hosting sedang down ketika robot Google sedang bekerja hal ini menyebabkan robot Google melaporkan adanya hal yang tidak relevan atas index mereka dan kondisi yang terjadi.
Disamping itu, kejadian ini juga bisa saja disebabkan oleh website itu sendiri secara sengaja maupun tidak seperti;
Ditemukannya link ke atau dari website-website yang termasuk dalam kategori “penjahat”, seperti gambling, porno, SEO aliran hitam dan lain-lain.
  • Terdapat duplikasi konten di dalam website maupun pada website lain.
  • Lamanya waktu yang dibutuhkan oleh robot untuk membuka website yang bersangkutan .
  • Ditemukannya hal-hal yang melanggar Google Webmaster Guidlines pada website yang bersangkutan
  • Penyebab-penyebab yang disebutkan terakhir ini, meskipun tidak sengaja dilakukan akan tetap menyebabkan website tersebut hilang dari hasil pencarian karena Google memutuskan untuk melakukan investigasi.
Apa yang harus dilakukan
Banyak sekali yang pada akhirnya menyarankan untuk tetap duduk diam dan tunggu sampai akhrinya website muncul kembali dalam hasil pencarian. Pada banyak kasus, website akhirnya dapat tampil kembali pada hasil pencarian setelah beberapa lama.
Jadi apabila ini terjadi pada website atau blog Anda, yang harus dilakukan adalah tetap menjalankan website Anda dan melakukan investigasi sendiri terhadap website Anda apakah sesuai dengan Google Webmaster Guidlines atau tidak. Dan jika memang semua masih optimal, yang bisa dilakukan adalah menunggu, berharap dan berdoa agar website kembali masuk dalam hasil pencarian Google.
4. Penalty dan Banned Google
Pengertian Penalty dan Banned Google
Penalty dan banned google bukanlah akibat google dance, karena google dance sebetulnya akibat proses interaksi google dalam menentukan ranking blog anda. Sedangkan penalty dan banned google adalah sebuah tindakan google terhadap blog atau website apapun yang dianggap telah melakukan spam atau teknik black hat SEO.
Banned google, berarti website anda dianggap google 100% telah melakukan spam dan isi website anda tidak sesuai dengan apa yang diindex google. Sebagai akibatnya website anda 100% tidak diindex google. Cara ngetesnya gampang, cukup pakai kode site:domainanda.com . Bila tidak ada hasil pencariannya sama sekali berarti website tersebut telah di banned oleh google.
Sedang penalty google merupakan sebuah peringatan menuju banned google. Artinya website tersebut tidak 100% spam, hanya direktori yang dianggap spam saja yang dikeluarkan indexnya dari google. misalkan halaman posting anda 100% copy-paste dan melakukan tindakan spam lainnya maka sedikit demi sedikit index single posting anda akan hilang dari index google.
Terkadanga juga dalam satu direktori langsung hilang dalam sekejam misalkan domain.com/search/ tiba-tiba tidak ada di google sedangkan halaman yang lain aman-aman saja. Kasus ini juga termasuk penalty google.

Cara Mengetahui Penalty dan Banned Google
Cara untuk mengetahui apakah blog anda punya kemungkinan kena penalty maupun kena banned google harus dicek satu per satu komponen blog anda sesuai guideline google. Mulai dari struktur blog sampai backlink. Tentu hal ini akan sangat lama dan sulit.
Atau anda juga bisa menggunakan tool gratis check penalty google. Caranya anda cukup memasukan URL domain blog anda dalam kolom yang tersedia , lalu klik Check. Tool penalty google Checker memberikan tiga hasil penilaian :
1. This domain has no penalty.
Artinya domain yang anda masukan bebas dari penalty google. Atau malah keluar nilai “This domain has no domain level penalty” , yang berarti walaupun saat ini bebas penalty google tapi masih perlu investigasi lebih lanjut karena beberapa aspek yang masih belum diketahui oleh tool tersebut.
2. This domain has a severe penalty.
Artinya domain yang anda cobakan masih ada kemungkinan terkena penalty. Biasanya bila blog tersebut anda gunakan untuk bermain autoblogging maka bila telah mencapai traffik tinggi akan terkena banned atau penalty.
3. This domain is either banned or has never been indexed by Google.
Artinya domain yang diujikan telah kena banned atau memang belum terindex oleh google.
rahasia cookies affiliate amazon
Mencegah Penalty dan Banned google
Untuk mencegah penalty google tiada cara lain selain menghentikan tindakan yang termasuk kategori spam dalam blog anda. Walaupun tindakan black hat SEO atau spam banyak macamnya namun yang paling sering terjadi antara lain :
  1. Menulis artikel 100% copy-paste, sehingga bila anda membuat autoblog usahakan agar tidak 100% mencomot feed blog asli. atau kombinasikan dengan plugin rewrite atau modul translator sehingga menjadi sedikit unik.
  2. Menyebarkan backlink secara berlebihan. Walaupun anda mempunyai tool backlink otomatis sehingga bisa membuat backlink sebanyak-banyaknya bukan berarti anda bisa pasang backlink sesuka hati. Pasanglah backlink maksimal 300-400 backlink dalam sehari.
  3. Membuat backlink dengan satu keyword anchor. Mungkin maksud anda ingin menjadi nomor satu di google dari keyword tertentu sehingga memasang backlink dengan anchor keyword tersebut saja. tapi bila anda berlebihan tindakan anda bisa dikategorikan sebagai spam backlink. Bila anda memasang backlink misalkan komentar di blog atau link profile di forum jangan hanya menggunakan satu keyword aja.
  4. Memasang link ke website spam. Bila anda tahu bahwa website tersebut spam jangan membuat backlink ke website tersebut atau anda juga akan dikategorikan sebagai spam pula.
  5. Membuat hidden keyword. artinya text yang tertulis tidak bisa terlihat oleh pengunjung tapi bisa terindex oleh robot google caranya dengan menyamakan antara warna text dengan warna background text.
  6. Membuat tiny text. Fungsinya sama dengan nomor lima cuma caranya text yang ditulis dibuat sangat kecil.
    gratis video tutorial affiliate amazon
Mengatasi Penalty Google
Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi penalty google tergantung kasusnya :
Kasus Pertama, Bila index blog anda sedikit demi sedikit hilang ini berarti blog anda melanggar guideline google webmaster. biasanya masalah duplicate title, duplicate meta description, meta description yang terlalu pendek, atau meta descriptio kosong. Untuk mengecek kasus ini silahkan anda login ke google webmaster ( Ingat blog anda harus sudah terdaftar di google webmaster dan terverifikasi) , kemudian anda buka Menu Diagnostics, lalu pilih HTML Suggestions. Anda cek apakah di halaman HTML Suggestions terdapat halaman blog anda yang melanggar. Kalau anda maslah segera perbaiki karena bila tidak segera diperbaiki bisa hilang dari index google. Cara memperbaiki bisa dengan memperbaiki setting plugin All in One SEO Pack.
Kasus penalty google kedua, kasusnya sama dengan yang pertama atau kadang salah satu direktori hilang dari index google secara mendadak tapi bila anda cek di google webmaster tidak ada masalah HTML Suggestions. Kausu ini menandakan kategori spam. Untuk mengatasinya segera perbaiki blog anda dari tindakan spam lalu kemudian ubah permalink direktori yang deindex tadi. Jangan lupa tetap update blog anda. Dengan berjalannya waktu dan update anda , direktori yang tadi hilang akan terindex kembali.
Kasus Banned, kasus banned berarti blog anda sudah tidak diindex google sama sekali, site:domain.com tidak ada . Solusi pertama, memperbaiki blog anda dari tindakan spam mulai sari struktur blog sampai backlink yang termasuk kategori spam yang telah anda sebar. lalu lapor via email ke guideline center google bahwa blog anda sudah tidak spam lagi. Mereka akan mengecek , bila lolos blog anda bisa terindex google lagi.
Tapi solusi pertama ini sangat lama, bahkan sering gagal. Kalau anda gak mau nunggu lama-lama saya punya cara gampang dan singkat. Buat aja blog baru, kemudian pindah semua data base blog yang terbanned tadi ke blog baru. optimasi seperti biasa… blog yang baru punya kemungkinan lebih sukses dari pada blog yang terbanned tapi bila anda masih juga melakukan tindakan spam maka nasibnya bisa saja sama dengan saudara tuanya.
Sekarang yag jadi masalah, bagaimana mendatangkan traffik ke blog yang kena banned google. Salah satu blog saya juga kena ban google tapi traffiknya lancar lancar aja antara 1000-2000 UV per hari. Apa yang akan anda lakukan untuk blog yang gak bisa kembali normal dari banned google?
 
REFERENSI
http://rumahmadina.com/blog-artikel-umum/website-hilang-dari-pencarian-google/
http://www.ndroe.web.id/website-hilang-dari-mesin-pencari-google.html
http://www.infogue.com/viewstory/2010/08/27/index_google_tiba_tiba_hilang_kena_google_dance/
http://goldenways.biz/?p=582
http://www.ayoblogging.com/2011/03/cara-mengatasi-banned-penalty-google.html
Share this article :

+ komentar + 24 komentar

17 Januari 2014 pukul 00.37

ini yang terjadi pada blogku sekarang ini sob, biasanya visitor perhari mencapai 1500+ sekarang hanya dibawah 600

14 April 2014 pukul 09.00

oke sob jadi mengerti setelah baca postingan anda.. Sangat full

16 Mei 2014 pukul 00.44

Makasih infonya,,
sangat bermanfaat sekali,.

Terima kasih atas informasinya, kebetulan beberapa artikel saya banyak yang turun dan bahkan hilang dari SERP termasuk artikel yang saya pakai untuk berkomentar kali ini,,

infonya benar-benar sangat membantu sekali

7 Juli 2014 pukul 21.12

lengkap sekali informasinya gan,,, thanks...bermanfaat.

22 Maret 2015 pukul 07.45

makasih mas info ny

9 April 2015 pukul 00.36

Thanks benget sob infonya, sangat membantu sekali...

Anonim
29 April 2015 pukul 01.02

thanks infonya gan

4 Mei 2015 pukul 19.13

Thanks sob untuk informasinya, sangat membantu :)
http://goo.gl/GVl7L4

makasih gan udah share..artikelnya menarik sekali....

3 Oktober 2015 pukul 15.42

punya trik jitu ga gan ? agar cepat keluar dari banner google

29 Oktober 2015 pukul 20.19

kalau posisi serp turun biar naik lagi gimana caranya gan ?

27 Maret 2016 pukul 06.12

posisi serp nya naik turun itu gimana caranya biar stabil lagi yak?

18 Mei 2016 pukul 14.58

Saya punya web pernah terkena virus dan sekarang sudah diperbaiki dan bersih. Tapi setelah dicek banyak halaman yang gak keindek oleh google lagi. Sudah coba langkah submit URL dan tambahkan peta situs, sampai sekarang hampir 2 mingguan halaman tersebut masih hilang dan belum diindek juga, tolong dibantu sarannya.
Terima kasih

2 Juli 2016 pukul 11.49

trik yang cepet buat naikin lagi gimana gan ? help gan sekrang jadi hal 6 :( . tolong dibantu gan

14 Agustus 2016 pukul 19.23

sangat miris sekali,kalau terjadi hal seperti itu,domain yang sudah lama di bangun,tiba tiba menghilang nasib.. nasib..

4 September 2016 pukul 10.33

Sangat bermanfaat penjelasannya. Trims

5 September 2016 pukul 19.52

Blog ane dari 45000 visitor cuma jadi 3000 :(

3 November 2016 pukul 21.16

Blog ane sekarang pengunjung sisa 20an gan. sedihhhh

28 Desember 2016 pukul 00.05

Nasib... blog sy hilang dari index google

29 Maret 2017 pukul 14.22

sangat bermanfaat thx min.. www.pekerjaan-halal.ga

30 Maret 2017 pukul 22.32

jngan sampai ini terjadi dengan blog yang saya bangun. Terima kasih atas informasinya

18 April 2017 pukul 06.00

klo blog saya malah di yahoo ama bing hilang search sebelumnya semunya ke index sekarang sisa 2 yg masih terindex

Posting Komentar

Be wise you will go to paradise

Ter Populer Minggu Ini

 
Supported by : Melilea Support
Copyright © 2011. FREE BACKLINK - All Rights Reserved
Contact Melilea Support Published by Kata Bijak
Proudly powered by Rumus Cinta